INDONESIA – SENTRIS CARA JOKOWI MEMBERI KEADILAN BAGI RAKYAT

Memang, keinginan untuk membagun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia untuk mengurangi kesenjangan antara wilaya (Barat dan Timur) bukan lah mimpi di siang bolong. Dalam percepatan pemerataan ekonomi di Indonesia melalaui pembangunan infrastruktur, Jokowi memasifkan pembagunan infrastruktur di Indonesia Timur.

Dalam empat tahun kepemimpinan Jokowi – JK infrastruktur menjadi salah satu faktor yang gencar dibangun. Di beberapa kesempatan, Pak Jokowi kerap menyampaikan jika pembangunan infrastuktur merupakan wujud implementasi pembangunan yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Inilah konsep Indonesia – Sentris bukan Jawasentris. 

Konsep indonesia – sentris dapat dibaca sebagai satu tafsir baru dalam menjawab tantangan Indonesia pasca otoritarianisme. Rakyat tidak lagi cukup bisa diikat dengan nasionalisme teritorial dan nasionalisme imajiner belaka. Tapi dengan satu nasionalisme yang mampu memenuhi hak – hak warga negara. Inilah yang dilakukan oleh Pak Jokowi untuk menuju Indonesia sejahtera dan berdaulat.  

Dari kecenderungan nasionalisme teritorial dari warisan Orba, ditranformasikan menjadi bentuk nasionalisme yang dapat dirasakan oleh suluruh warga negara, terutama di daerah-daerah terpencil.

Memajukan kesejahteraan di pulau – pulau terluar adalah cara Pak Jokowi mengikat ke-Indonesiaan di wilaya terluar Indonesia. Dengan konsep Indonesia sentris, Pak Jokowi ingin membangun dan mensejahterakan Indonesia dari pingiran. Wajar, jika Papua sering di kunjungi Pak Jokowi selama 4 tahun memimpin.